Jumat, 20 Februari 2015

RAT Ke-4 2015

Pada tanggal 16 Februari 2015, telah diadakan RAT ke-3 yang  menyampaikan Laporan Tahun Buku 2014 sebagai pertanggung-jawaban selama kepengurusan Periode Tahun 2014.
Hadir dalam RAT tersebut selain anggota juga para undangan yang terdiri dari Pengurus RW.09 Kelurahan Ciracas, LKM Kelurahan Ciracas, Lurah Ciracas dan Bapak Camat Ciracas.



Keanggotaan KWMT, sampai dengan akhir tahun 2014 tercatat sebanyak 108 orang, kendati selama tahun 2014 ada anggota yang keluar, namun juga ada yang masuk sebagai anggota KWMT.


Dalam perkembangannya KWMT memberi layanan kepada anggota baik dalam aspek ekonomi maupun aspek pengembangan sumber daya manusia, diantaranya;

(1)   Pembelian Sampah Kering Rumah Tangga
Dari sebanyak 108 anggota yang tercatat pada KWMT hanya sekitar 53 (49%) anggota yang telah berkontribusi dalam mengirimkan atau dijemput sampah kering melalui KWMT dan  terhimpun sebanyak 5.405 Kg sampah kering dari anggota yang mempunyai nilai ekonomi, jenis sampah kering yang terhimpun diantaranya; kardus, buku, HVS-putih, koran, majalah, plastik kresek, botol aqua, emberan, kaleng, jiregen, alumunium, botol beling, dan besi.  Dengan demikian, maka secara langsung anggota KWMT telah mampu mengurangi volume sampah buangan hampir 5.5 ton pada tahun 2014 atau rata-rata sekitar 450 kg setiap bulannya.

(2)   Usaha Perdagangan Kebutuhan Anggota
Usaha perdagangan disesuaikan dengan kebutuhan anggota, selama tahun 2014 sebanyak 15 (14%) anggota telah memanfaatkan pembelian barang untuk kebutuhan rumah-tangganya. Selain untuk anggota usaha dagang juga dimaksudkan untuk dapat menambah modal KWMT dari keuntungan yang diperoleh dengan melakukan perdagangan kepada bukan anggota.

(3)   Layanan Simpan Pinjam
Layanan simpan-pinjam selama tahun 2014 telah dimanfaatkan oleh 36 (33%) anggota baik utuk kebutuhan konsumsi maupun produktif. Dalam menggalang pemupukan modal usaha KWMT, layanan simpan pinjam juga diberikan kepada non-anggota, hal ini jika modal usaha masih tersedia.

(4)   Pelatihan Daur Ulang Sampah
Selain layanan dari aspek Ekonomi, KWMT juga memberikan layanan dari aspek Pengembangan Sumberdaya Manusia yakni peningkatan ketrampilan bagi anggota melalui pelatihan-pelatihan dengan memanfaatkan sampah kering yang dapat dibuat menjadi barang lain yang mempunyai nilai jual, hal ini dimaksudkan agar anggota dapat meningkatkan pendapatan melalui sampah dengan menjadikan barang lain yang mempunyai nilai jual. Selain pelatihan kepada anggota, Pengurus KWMT juga berupaya mengikuti pelatihan yang diselenggarakan pihak lain, hal ini dimaksudkan untuk berbagi pengalaman dengan sesama Bank Sampah atau organisasi lain yang peduli terhadap sampah.




Dalam RAT juga diberikan apresiasi kepada anggota yang mendapatkan SHU terbesar, hal ini karena kontribusi untuk menyetorkan sampah keringnya dalam jumlah yang cukup besar, yang berarti juga mendapatkan hasil penjualan yang relatif besar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RAT Ke-IX Tahun Buku 2020

Puji dan syukur senantiasa dipanjatkan kehadirat Allah SWT, dalam masa pandemi Covid-19 , pada hari Senin 18 Januari 2021 telah terlaksana R...